beranda

Sabtu, 16 April 2011

Pertemana Yang Menguntungkan

p
Mengingat pelajaran IPA kita di SD dulu ,saya teringat tentang simbiosis komensalisme antara ikan hiu dengan ikan remora? Yup! Dalam hidup ini, kita juga perlu berteman (bersimbiosis) dengan "ikan hiu", seperti yang dilakukan ikan remora tersebut. Atau dengan kata lain dalam kehidupan ini kita dapat berteman dengan orang yang pengalamanya lebih dari kita, orang yang lebih kuat dari kita untuk dapat kita “manfaatkan” sebagai tentor perjalanan hidup kita.


Jika dalam hubungan antara 2 makhluk laut itu, keuntungan yang didapat ikan remora adalah rasa aman dan sisa makanan. Persis seperti simbiosis komensalisme yang saya sebutkan di awal. Kita  mendapatkan keuntungan yang banyak dari si ikan hiu, tapi ikan hiu tidak mendapatkan kerugian apapun. Sepertinya kq g adil ya??? Tapi memang hanya itulah yang bisa dilakukan oleh ikan remora. Ketika hanya sebagai orang kecil maka kita belum bisa berharap banyak dengan apa yang kita punyai. Oleh karena itu, kita perlu menjadi ikan besar, agar suatu saat, kita juga bisa membesarkan ikan-ikan kecil lain yang sedang bertumbuh. Dengan begitu saya rasa kita sudah berbuat cukup adil. Artinya selamanya kita tidak hanya bergantung kepada orang yang besar tadi, namun kita mampu menjadi orang besar yang dapat berguna bagi orang disekitar kita.

Well, menurut saya, inilah cara tercepat untuk menjadi orang hebat. Temukan orang-orang yang sudah sukses dalam bidang-bidang yang ingin Anda kuasai, bidang yang ingin anda tekuni dan bertemanlah dengan mereka. Ingat, saya menganjurkan Anda untuk berteman, bukan untuk memanfaatkan. Manusia berbeda dengan ikan hiu dan remora, jadi cukup contoh konteksnya saja ya dalam analogi yang saya sebutkan di atas.

2 komentar:

  1. maaf, yg benar mutualisme pa komensalisme??? jadi bingung. di wikipedia kok mutualisme. thx

    BalasHapus
  2. klo sepengetahuan saya mutualisme klo keduanya saling menguntungkan,,nek komensalisme yang satu untung tapi yang lain juga g rugi...

    BalasHapus